Karya Tulis Ilmiah



PERBEDAAN TINGKAT PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 2-5 TAHUN ANTARA YANG MENGIKUTI PAUD DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI PAUD DI WILAYAH KELURAHAN PENANGGUNGAN KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII KEBIDANAN
Pengarang : LAILY PUJI CAHYANI
Dosen Pembimbing : Pembimbing Utama: Dra.Susilaningsih, M.Kes. Pembimbing Pendamping: Afnani Toyibah, A.Per.Pen, M.Pd
Klasifikasi/Subjek : , Perkembangan Bahasa, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Penerbitan : , Malang: 2013.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Cahyani, Laily Puji. 2013. Perbedaan Tingkat Perkembangan Bahasa Anak Usia 2-5 Tahun Antara yang Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan yang Tidak Mengikuti PAUD di Wilayah Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah. Pembimbing Utama: Dra.Susilaningsih, M.Kes. Pembimbing Pendamping: Afnani Toyibah, A.Per.Pen, M.Pd Perkembangan bahasa adalah meningkatnya kemampuan penguasaan alat berkomunikasi, baik alat komunikasi dengan cara lisan, tertulis, maupun menggunakan tanda-tanda isyarat. Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor kesehatan, inteligensi, status sosial ekonomi keluarga, jenis kelamin (sex), hubungan keluarga. Pendidikan dan perhatian pada anak usia 0-6 tahun sangat membantu perkembangan sosial, emosi, fisik, dan kognitif anak. Anak-anak yang mendapat perhatian khusus lebih awalmenunjukkan akademis yang lebih baik pada saat menerima pendidikan formal serta dalam memahami pribadi sendiri dan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa perbedaan tingkat perkembangan bahasa anak usia 2-5tahun antara yang mengikuti dengan tidak mengikuti PAUD di wilayah Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain Analitik Studi Komparatif. Sampel yang digunakan adalah murid PAUD Apel dan balita di wilayah Kelurahan Penanggungan dengan usia 2-5 tahun. Besar sampel 30 anak yang terdiri dari 15 anak yang mengikuti PAUD dan 15 anak yang tidak mengikuti PAUD dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Analisa data menggunakan Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian didapatkan, dari 15 anak yang mengikuti PAUD, sebagian besar tingkat perkembangan bahasa anak amat baik yakni 73,33%. Pada anak yang tidak mengikuti PAUD sebagian besar tingkat perkembangan bahasa anak baik yakni 60%, Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan nilai Zhitung< Ztabel (0,019 < 0,48) pada taraf signifikansi (α) 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat perkembangan bahasa anak usia 2-5 tahun antara yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti PAUD. Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting untuk persiapan anak sebelum memasuki pendidikan selanjutnya, memberikan kontribusi bagi anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kata Kuci : Perkembangan Bahasa, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)



Lampiran